ABOUT US

Foto saya
VISI : menjangkau jiwa bagi Tuhan Yesus, dalam Filipi 2:10-11: ”Supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang di atas bumi dan yang di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: ”Yesus Kristus adalah Tuhan”, bagi kemuliaan Allah Bapa! ” MOTTO : "Hati untuk melayani” MISI nya adalah sebagai berikut : a. Untuk menjangkau generasi bagi Tuhan Yesus b. Untuk membina kerohanian generasi agar bertumbuh dalam Kristus : (1) Mengadakan persekutuan/ibadah atau kelompok sel di Lembaga Pendidikan, Lembaga Pemasyarakatan dsb. (2) Menyampaikan kesaksian dalam bentuk vocal Grup, drama, dan cerita sekolah minggu untuk anak-anak. (3) Mengadakan pembinaan mis. Retreat, Rekreasi Rohani, KKR, Konser Rohani, dsb. c. Untuk menjadi berkat bagi banyak orang : (1) Mengadakan Bakti Sosial di Lembaga Sosial dll (2) Menerbitkan dan membagikan buletin rohani yang diberi nama Ex’eqesa IPK yang merupakan salah satu karya dari Heart Ministry creative tim.

Selasa, 29 Juni 2010

PEKERJAAN DAN KEUANGAN

By : Yonathan Heriyanto Lee, ST, Th.M

Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau." (Ibrani 13:5)

Pekerjaan dan uang merupakan salah satu dari sekian banyak pemicu konflik dalam hidp manusia. Bahkan menurut survey ditemukan bahwa ± 50% penyebab retaknya hubungan sosial karena dipicu oleh masalah keuangan.

 PEKERJAAN
Pekerjaan merupakan salah satu sarana yang Tuhan pakai untuk membentuk karakter setiap umatNya. Pembentukan karakter seperti apa? Pembentukan karakter Ilahi dalam diri setiap manusia. Mengapa? Karena pekerjaan bukan sekedar untuk mencukupi kebutuhan atau mencari kehormatan atau harga diri. Tetapi jika pekerjaan dilakukan dengan benar, maka setiap orang yang melakukan pekerjaan tersebut pasti memperoleh berkat dan akan diberkati secara luar biasa.
Apapun jenis pekerjaan yang digeluti atau dilakukan, asal pekerjaan tersebut baik dan halal, serta berkenan dihadapan Tuhan, berkat-berkat Tuhan akan selalu terbuka. Lakukan pekerjaan tersebut di dalam nama Tuhan Yesus dengan satu tujuan yaitu hanya untuk memuliakan nama Tuhan.

1. Bagian Tuhan
a. Pertama, Tuhan memberikan keahlian kepada setiap umatNya untuk dapat bekerja. Kel 36:1 “Demikianlah harus bekerja Bezaleel dan Aholiab, dan setiap orang yang ahli, yang telah dikaruniai TUHAN keahlian dan pengertian, sehingga ia tahu melakukan segala macam pekerjaan untuk mendirikan tempat kudus, tepat menurut yang diperintahkan TUHAN."
b. Kedua, Tuhan mendatangkan dan menyatakan keberhasilan atas pekerjaan yang dilakukan oleh setiap umatNya. Kej 39:2-3 “Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu. Setelah dilihat oleh tuannya, bahwa Yusuf disertai TUHAN dan bahwa TUHAN membuat berhasil segala sesuatu yang dikerjakannya”
c. Ketiga, lewat kerja keras umatNya, Tuhan mendatangkan kebaikannya dengan memberikan promosi atau kenaikan pangkat. Ul 28:1”Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi”

2. Bagian manusia
a. Jika anda adalah atasan atau direktur, maka lakukanlah tanggung jawab anda. Berikut adalah hal-hal atau tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang atasan, berikut contoh dalam Alkitab yang bisa dipelajari :
1) Jadilah seorang pembicara (Komunikator) yang baik
Kej 11:6-7 “dan Ia berfirman: "Mereka ini satu bangsa dengan satu bahasa untuk semuanya. Ini barulah permulaan usaha mereka; mulai dari sekarang apa pun juga yang mereka rencanakan, tidak ada yang tidak akan dapat terlaksana. Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing.”

2) Layani karyawan anda
Mat 20:26 “Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu”

3) Doakan karyawan anda
Kej 30:27 Tetapi Laban berkata kepadanya: "Sekiranya aku mendapat kasihmu! Telah nyata kepadaku, bahwa TUHAN memberkati aku karena engkau."
Kej 39:4-5 “maka Yusuf mendapat kasih tuannya, dan ia boleh melayani dia; kepada Yusuf diberikannya kuasa atas rumahnya dan segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf. Sejak ia memberikan kuasa dalam rumahnya dan atas segala miliknya kepada Yusuf, TUHAN memberkati rumah orang Mesir itu karena Yusuf, sehingga berkat TUHAN ada atas segala miliknya, baik yang di rumah maupun yang di ladang”

4) Bayarlah upah atau gaji kepada karyawan anda tepat pada waktunya
Ul 24:14-15 “Janganlah engkau memeras pekerja harian yang miskin dan menderita, baik ia saudaramu maupun seorang asing yang ada di negerimu, di dalam tempatmu. Pada hari itu juga haruslah engkau membayar upahnya sebelum matahari terbenam; ia mengharapkannya, karena ia orang miskin; supaya ia jangan berseru kepada TUHAN mengenai engkau dan hal itu menjadi dosa bagimu”

b. Jika anda seorang karyawan, maka lakukanlah tanggung jawab anda sebagai seorang karyawan yang baik
1) Jujur dan setia
Dan 6:5 “Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apa pun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya”

2) Menghormati dan menghargai atasan dan rekan kerja
Ams 30:10 “Jangan mencerca seorang hamba pada tuannya, supaya jangan ia mengutuki engkau dan engkau harus menanggung kesalahan itu”

3) Tidak jemu untuk berdoa
1 Tes 5:16-18 “Bersukacitalah senantiasa. Tetaplah berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu”

 KEUANGAN

Setiap manusia selalu memiliki ambisi, apalagi ambisi tersebut mengenai sesuatu yang berhubungan dengan keuangan. Kadang dari ambisi tersebut, muncul masalah :
1. Ambisi untuk “memburu dan menimbun” kekayaan menyebabkan ketamakan. 1 Tim 6:10 “Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka”
2. Pengelolaan keuangan yang kurang baik dapat menyebabkan krisis keuangan atau bangkrut. Ams 21:17, 25 “Orang yang suka bersenang-senang akan berkekurangan, orang yang gemar kepada minyak dan anggur tidak akan menjadi kaya…..Si pemalas dibunuh oleh keinginannya, karena tangannya enggan bekerja”

LANGKAH-LANGKAH MEMPEROLEH KEBERHASILAN DALAM KEUANGAN

1. Setialah dalam mengembalikan persepuluhan dari setiap berkat yang kita terima
2. Jangan lupa untuk memberikan persembahan di luar persepuluhan serta rajin
3. Giatlah bekerja untuk mematahkan roh kemiskinan
4. Beriman dan perkatakan janji-janji Allah berhubungan dengan berkat keuangan
5. Mengucap syukurlah senantiasa kepada Tuhan dan akui Dia sebagai sumber kemakmuran dan keamanan keuangan kita serta nantikan waktu Tuhan

Ingat! Memiliki uang yang lebih banyak tidak pernah bisa menyelesaikan masalah, jika pengeluaran tidak terkontrol. Himbauan kepada setiap kita adalah mulailah menabung hari ini dan jangan tunda-tunda hari esok. Hindarilah Investasi-investasi yang beresiko dan merugikan. Hutang ialah uang yang wajib dibayarkan seseorang kepada orang lain. Bagi setiap anak-anak Tuhan, janganlah sampai berhutang, melainkan cukupkanlah apa yang ada padamu saat ini. Janji Tuhan, Ia akan mencukupkan kita semua bagi mereka yang setia dan taat kepada perintahNya. GBU...

Luk 11:9-10
“Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan”
GBU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar