ABOUT US

Foto saya
VISI : menjangkau jiwa bagi Tuhan Yesus, dalam Filipi 2:10-11: ”Supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang di atas bumi dan yang di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: ”Yesus Kristus adalah Tuhan”, bagi kemuliaan Allah Bapa! ” MOTTO : "Hati untuk melayani” MISI nya adalah sebagai berikut : a. Untuk menjangkau generasi bagi Tuhan Yesus b. Untuk membina kerohanian generasi agar bertumbuh dalam Kristus : (1) Mengadakan persekutuan/ibadah atau kelompok sel di Lembaga Pendidikan, Lembaga Pemasyarakatan dsb. (2) Menyampaikan kesaksian dalam bentuk vocal Grup, drama, dan cerita sekolah minggu untuk anak-anak. (3) Mengadakan pembinaan mis. Retreat, Rekreasi Rohani, KKR, Konser Rohani, dsb. c. Untuk menjadi berkat bagi banyak orang : (1) Mengadakan Bakti Sosial di Lembaga Sosial dll (2) Menerbitkan dan membagikan buletin rohani yang diberi nama Ex’eqesa IPK yang merupakan salah satu karya dari Heart Ministry creative tim.

Senin, 28 Juni 2010

“M E N G E N A L R E B A N A”

Pernahkah anda mendengar alat musik yang bunyinya gemerincing yang disebut rebana? Dalam artikel ini saya akan membahas tentang asal usul rebana, apa arti dan fungsi rebana dan mengapa bermain rebana.
Kata rebana, konon berasal dari kata ''Robbana'', yang berarti ''Tuhan kami''. Rebana disebut juga tambourine. Rebana atau tambourine adalah salah satu jenis alat musik yang di tulis di Alkitab yang dimainkan ketika kita memuji dan menyembah Tuhan. Rebana juga dipakai untuk mengiringi tarian dan nyanyian rakyat. Disebut juga ‘Adai-Adai‘ oleh masyarakat Melayu berketurunan Brunei di daerah Papar. Pukulan rebana serta nyanyian Adai-Adai diadakan untuk merayakan pesta atau menyambut tamu kehormatan.
Tambourine bentuknya bundar dan memiliki selaput di salah satu sisinya, selaput itu bisa berupa kulit binatang atau plastik mengkilap yang disebut hologram. Bunyi tambourine dengan selaput hologram lebih nyaring dari pada yang terbuat dari kulit binatang atau plastik transparan. Pada sisi keras tempat kita memegang tambourine terdapat 1 atau 2 gemerincing berwarna perak seperti warna sendok dan garpu. Ukuran tambourine bermacam-macam, ada yang disebut tambourine anak-anak dan tambourine dewasa. Bedanya ialah dari diameter dan berat. Namun pembuatannya tetap sama.
Ada beberapa jenis rebana, yaitu :

1. Rebana besar
Rebana besar adalah rebana satu muka yang terbesar yang pernah ada dalam musik masyarakat Melayu. Kayu atau potted type dibuat dari kayu yang keras seperti merbau.
Permukaannya yang berukuran dalam 80 cm - 100 cm pada garis lintang, diregangkan dengan kulit kerbau yang berfungsi untuk menimbulkan suara, disebut juga sounding body. Rotan yang dibelah dua digunakan sebagai bahan ekustik utama bagi proses penegangan kulit dan diperkokoh dengan kayu-kayu yang juga berfungsi sebagai alat peneyeimbang nada. Lukisan yang bermotifkan alam seperti bunga-bungaan diwarnai dengan berbagai corak warna sebagai simbol serta kehalusan estetikanya.
Namun demikian, di negeri Kelantan (Malaysia) terdapat juga sejenis musik rakyat yang menggunakan Rebana Besar. Istilah ini disebut Rebana Ubi. Secara fisik rebana ubi mempunyai bentuk yang sama seperti rebana besar, tetapi berukuran lebih kecil dan menggunakan bahan akustik yang sama dalam proses pembuatannya dengan pembuatan rebana besar. Bingkai gendangnya mempunyai lubang yang berbentuk seperti pasu. Tetapi permukaan besarnya telah ditutup dengan kulit lembu sebagai membrannya atau bahan bunyi.

2. Rebana mangkuk
Rebana Mangkuk juga termasuk dalam jenis gendang yang hanya memiliki satu membran tempat untuk dipukul. Bingkainya terbuat dari mangkuk yang digunakan untuk mengumpul susu getah. Biasanya mangkuk-mangkuk tersebut dibuat dari tanah Hat. Pada permukaannya ditutup dengan beberapa lapisan getah sebagai bahan bunyi menggunakan kaedah siratan rotan dan bahan pelekat. Untuk menegangkan lapisan getah itu, dua keping berbaji kayu dimasukkan secara berlawanan pada bagian bawah alat kemudian diketatkan. Berbaji kayu ini berfungsi sebagai alat tala bagi rebana seperti yang dipergunakan dalam Rebana Ubi dan sebagainya.
Rebana Mangkuk dipukul dengan sebatang kayu khusus yang ditutupi dengan getah. Rebana Mangkuk dianggap sebagai alat musik eksperimental yang di kategorikan sebagai rebana tradisional yang lain.
Sedangkan di kalangan masyarakat Brunei dikenal juga sejenis gendang kecil yang disebut ‘gendang labik‘ dan ‘dombak‘, yaitu sejenis gendang satu muka. Sedangkan bagi masyarakat Brunei yang berdomisili di Sabah, gendang rebana sering juga disebut ‘rempana‘.
Setelah kita memiliki gambaran jenis-jenis tambourine, kita akan beralih pada kegunaan tambourine dan mengapa bermain tambourine. Apakah tambourine atau rebana itu berkenan di hadapan Tuhan? Ayat-ayat dibawah ini memberi petunjuk mengenai kegunaan rebana, diantaranya :
- Kejadian 31:27 Mengapa engkau lari diam-diam dan mengakali aku? Mengapa engkau tidak memberitahu kepadaku, supaya aku menghantarkan engkau dengan sukacita dan nyanyian dengan rebana dan kecapi?
Dalam ayat di atas bercerita tentang Laban yang sedang berbicara kepada Yakub. Dalam hal ini, ia hendak menari-nari sambil membunyikan tambourine atau rebana sebagai tanda sukacita.
- Keluaran 15:20 Lalu Miryam, nabiah itu, saudara perempuan Harun, mengambil rebana di tangannya, dan tampillah semua perempuan mengikutinya memukul rebana serta menari-nari.
Dalam ayat ini, penarinya adalah para perempuan yaitu Miryan dan perempuan lainnya, mereka menari-nari dengan membunyikan rebana.
- 1 Samuel 10:5 Sesudah itu engkau akan sampai ke Gibea Allah, tempat kedudukan pasukan orang Filistin. Dan apabila engkau masuk kota, engkau akan berjumpa di sana dengan serombongan nabi, yang turun dari bukit pengorbanan dengan gambus, rebana, suling dan kecapi di depan mereka; mereka sendiri akan kepenuhan seperti nabi.
- 2 Samuel 6:5 Daud dan seluruh kaum Israel menari-nari di hadapan TUHAN dengan sekuat tenaga, diiringi nyanyian, kecapi, gambus, rebana, kelentung dan ceracap.
- Mazmur 150:4 Pujilah Dia dengan rebana dan tari-tarian, pujilah Dia dengan permainan kecapi dan seruling!
Semua ayat yang di atas menandakan bahwa rebana dipakai untuk mengiringi tarian.
Ada beberapa hal yang bisa kita ambil dari ayat-ayat tersebut yakni mengapa kita bermain tambourine:
1. Alat musik tambourine atau rebana adalah alat musik yang diperintahkan oleh Tuhan untuk digunakan karena tertulis di dalam Firman Tuhan.
2. Tambourine menandakan adanya suasana sukacita, kebahagiaan dan kemenangan.
3. Tambourine digunakan untuk memuji dan menyembah Tuhan, untuk menyatakan kebesaran-Nya.
4. Tambourine menandakan adanya sebuah perayaan. Maka dari itu, tambourine dimainkan dalam ibadah raya untuk merayakan kemenangan umat percaya atas iblis.
Selain rebana, alat-alat musik yang disebutkan dalam Alkitab dapat dibagi menjadi tiga golongan utama: alat musik bertali, alat musik tiup, dan alat musik pukul.
1. Alat musik bertali, yaitu : kecapi (Ibrani: kinnor), gambus (Ibrani: nevel), rebab (Aram: sabbekha), serdam (Aram: sumponya).
2. Alat musik tiup, yaitu : seruling (Ibrani: khalil), sangkakala (Ibrani: qeren), nafiri.
3. Alat musik pukul, yaitu : giring-giring (Ibrani: pa'amon), ceracap (Ibrani: met-siltayim), rebana (Ibrani: tof).

Jesus bless you.

By. Ps. Christian Jose Alexander, B.Sc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar