ABOUT US

Foto saya
VISI : menjangkau jiwa bagi Tuhan Yesus, dalam Filipi 2:10-11: ”Supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang di atas bumi dan yang di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: ”Yesus Kristus adalah Tuhan”, bagi kemuliaan Allah Bapa! ” MOTTO : "Hati untuk melayani” MISI nya adalah sebagai berikut : a. Untuk menjangkau generasi bagi Tuhan Yesus b. Untuk membina kerohanian generasi agar bertumbuh dalam Kristus : (1) Mengadakan persekutuan/ibadah atau kelompok sel di Lembaga Pendidikan, Lembaga Pemasyarakatan dsb. (2) Menyampaikan kesaksian dalam bentuk vocal Grup, drama, dan cerita sekolah minggu untuk anak-anak. (3) Mengadakan pembinaan mis. Retreat, Rekreasi Rohani, KKR, Konser Rohani, dsb. c. Untuk menjadi berkat bagi banyak orang : (1) Mengadakan Bakti Sosial di Lembaga Sosial dll (2) Menerbitkan dan membagikan buletin rohani yang diberi nama Ex’eqesa IPK yang merupakan salah satu karya dari Heart Ministry creative tim.

Selasa, 29 Juni 2010

KEKUATAN MUSIK (Part I)

By : Ps. Christian Jose Alexander, MM

Musik bisa diartikan sebagai bunyi yang teratur. Musik memiliki nada, beat dan irama. Musik dapat menjadi salah satu sarana penghibur bagi seseorang di saat ia sedang mengalami kesedihan, musik dapat memberikan motivasi atau semangat dalam masa-masa sulit, dan musik juga bisa dijadikan sebagai sarana ungkapan cinta seseorang kepada sang kekasih.

Dunia akan terasa hambar dan hampa tanpa musik, ibarat masakan tanpa garam atau pria tanpa kehadiran seorang wanita. Fungsi dan manfaat musik bagi dunia sangatlah besar. Bagaimana dengan kehadiran dan peranan musik di dalam gereja? Musik di dalam gereja adalah salah satu sarana pujian dan penyembahan kepada Tuhan. Musik mengambil peranan sebagai media untuk mengungkapan kebaikan Tuhan, kekudusan dan kemuliaan Tuhan dan juga ungkapan syukur manusia kepada Tuhan.

Selain itu, nada atau irama musik bisa memberikan kesejukan dan ketenangan hati bagi setiap pendengar dan penikmat musik. Apalagi jika irama, syair serta harmoni dari musik itu indah dan dikemas secara baik.

Dilihat dari kacamata rohani, musik memberikan dampak yang dahsyat dan luar biasa dalam kehidupan seseorang. Di dalam Alkitab banyak contoh-contoh yang menyatakan bahwa musik memiliki kekuatan dan pengaruh yang luar biasa dalam kehidupan setiap umat manusia. Contohnya :

1. Dalam 1 Samuel; Dengan musik, Daud menyembuhkan raja Saul dari kegelisahannya yang disebabkan oleh roh Jahat
2. Yosua 6, Dengan musik Yosua dan bangsa Israel dapat menghancurkan tembok Yerikho
3. Kisah Para Rasul 16, Dengan nyanyian dan musik, Paulus dan Silas terbebas dari penjara dengan cara yang ajaib

Beberapa ayat yang berkaitan dengan kata musik, di dalam Alkitab :

- I Tawarikh 15:16 Daud memerintahkan para kepala orang Lewi itu, supaya mereka menyuruh berdiri saudara-saudara sepuak mereka, yakni para penyanyi, dengan membawa alat-alat musik seperti gambus, kecapi dan ceracap, untuk memperdengarkan dengan nyaring lagu-lagu gembira.

- I Tawarikh 16:42 Pada Heman dan Yedutun itu ada nafiri dan ceracap untuk para pemain, juga alat-alat musik pengiring nyanyian untuk Allah. Dan anak-anak Yedutun harus menjaga pintu gerbang.

- I Tawarikh 23:5 ”empat ribu orang menjadi penunggu pintu gerbang; dan empat ribu orang menjadi pemuji TUHAN dengan alat-alat musik yang telah kubuat untuk melagukan puji-pujian," kata Daud.

- II Tawarikh 5:13, Lalu para peniup nafiri dan para penyanyi itu serentak memperdengarkan paduan suaranya untuk menyanyikan puji-pujian dan syukur kepada TUHAN. Mereka menyaringkan suara dengan nafiri, ceracap dan alat-alat musik sambil memuji TUHAN dengan ucapan: "Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya." Pada ketika itu rumah itu, yakni rumah TUHAN, dipenuhi awan ......

- II Tawarikh 7:6 Para imam telah siap berdiri pada tempat mereka. Begitu pula orang-orang Lewi telah siap dengan alat-alat musik untuk memuliakan TUHAN, yakni alat-alat musik yang dibuat raja Daud untuk mengiringi nyanyian syukur bagi TUHAN: "Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!" setiap kali mereka ditugaskan Daud menyanyikan puji-pujian. Kemudian para imam berdiri berhadapan dengan mereka sambil meniup nafiri, sedangkan segenap orang Israel berdiri.

- II Tawarikh 23:13 Lalu dilihatnyalah raja berdiri dekat tiangnya pada jalan masuk, sedang para pemimpin dengan para pemegang nafiri ada di dekat raja. Dan seluruh rakyat negeri bersukaria sambil meniup nafiri, sedang para penyanyi dengan alat-alat musik mereka, memimpin nyanyian puji-pujian. Maka Atalya mengoyakkan pakaiannya sambil berkata: "Khianat, khianat!"

- II Tawarikh 29:26 ”Maka berdirilah orang-orang Lewi dengan alat-alat musik Daud, demikian pula para imam dengan nafiri.”
- II Tawarikh 29:27 ”Lalu Hizkia memerintahkan untuk mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah.” Pada saat persembahan korban bakaran dinaikkan, mulailah dinyanyikan nyanyian bagi TUHAN dan dibunyikan nafiri, dengan iringan alat-alat musik Daud, raja Israel.

- II Tawarikh 34:12 ”Orang-orang itu melakukan pekerjaan itu dengan setia. Orang-orang yang diangkat menjadi pengawas mereka ialah: Yahat dan Obaja, orang-orang Lewi dari bani Merari, sedangkan Zakharia dan Mesulam dari bani Kehat mengepalai semua. Dan semua orang Lewi yang pandai memainkan alat-alat musik”

Beberapa hal yang dapat bermanfaat dari musik dalam kehidupan umat manusia :
1. Musik Adalah Kebutuhan
2. Musik Sebagai Obat
3. Musik Sebagai Alat Misi
4. Pertobatan Melalui Musik

Musik Adalah Kebutuhan
Hampir setiap hari kita mendengar musik. Baik itu di televisi, di radio, di pusat perbelanjaan, bahkan media teknologi saat ini yang serba canggih juga menyediakan media musik di Handphone (musik MP3 atau MP4). Dimanapun kita berada kita tidak dapat menghindar dari yang namanya musik.
Musik seolah-olah sudah menjadi kebutuhan pokok telinga kita. Namun, kita jarang secara serius untuk mendengar dan mengamatinya, sementara kita juga perlu memperhatikan mana yang bermanfaat dan mana yang tidak.
Musik tidak akan penah luntur oleh jaman, sementara musik tetap abadi menyesuaikan kemajuan jaman, perkembangan dan kebutuhan manusia. Musik akan tetap menyertai dan tidak akan pernah ketinggalan atau hilang.
Musik memberikan pengaruh baik saat kita memposisikannya pada tempat yang baik, dan musik dapat memberikan pengaruh yang tidak baik saat kita memposisikannya pada tempat yang salah.
Next….edisi mendatang…..kita akan melihat apa manfaat musik sebagai obat, sebagai alat misi dan seperti apa pertobatan melalui musik itu. GBU All.

To be continue…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar